Rantai motor merupakan salah satu komponen motor yang paling mudah berkarat. Kondisi cuaca yang ada di Indonesia juga memberi pengaruh yang cukup besar terhadap kondisi rantai motor. Seperti yang diketahui, rantai motor lebih mudah berkarat apabila terkena air hujan, air genangan, dan air laut. Tentunya rantai yang sudah berkarat tidak hanya merusak pandangan mata, lebih dari itu rantai yang berkarat akan lebih cepat putus atau rusak. Selain itu, biasanya rantai yang tidak terawat dengan baik seirng menimbulkan bunyi yang tidak sedap di telinga.Merawat Rantai Motor

Oleh karena itu, merawat rantai motor merupakan salah hal yang tidak boleh dilupakan. Dengan merawat rantai motor maka tidak hanya akan menjadikan rantai lebih awet. Akan tetapi dapat menjadikan perjalanan anda lebih nyaman. Adapun merawat rantai motor tidak hanya menjaga kebersihannya saja. Melainkan perlu dilakukan beberapa hal yang lebih spesifik dan menjadikan rantai lebih awet dan tahan lama. Berikut beberapa tips merawat rantai motor yang bisa dilakukan:

1. Bersihkan Rantai

Bersihkan kotoran rantai motor secara rutin. Rantai yang kotor dan tidak terawat akan mempengaruhi kenyamanan berkendara. Selain itu, rantai yang tidak kotor akan mempermudah proses perkaratan.

2. Cek Setelan Rantai

Hal yang sangat penting dalam merawat motor adalah dengan mengecek setelan rantai. Rantai yang baik adalah yang memiliki yang normal, artinya tidak terlalu kendor apalagi terlalu kendor. Rantai yang terlalu kendor akan menyebabkan rantai mudah keluar dari lintasan gear. Sehingga sangat mengganggu perjalanan anda. Sebaliknya, rantai yang terlalu kencang bisa menyebabkan aus sehingga rantai menjadi cepat rusak.

3. Jangan Gunakan pelumas Bekas

Salah satu perawatan rantai sepeda motor adalah dengan memberi pelumas. Fungsi dari pelumas adalah agar rantai motor menjadi awet. Selain itu, dengan adanya pelumas maka gerakan rantai akan lebih mudah melingkari gear. Akan tetapi dalam memberi pelumas, maka sebaiknya jangan menggunakan pelumas bekas. Akan lebih baik jika menggunakan pelumas khusus untuk rantai.

4. Periksa Kondisi Gear

Gear pada motor juga mempengaruhi awet tidaknya rantai motor. Periksakan kondisi gear pada motor anda, apabila sudah mulai aus maka sebaiknya diganti. Adapun dalam mengganti gear sebaiknya menggunakan gear yang original. Karena penggunaan gear imitasi hanya akan menunda kerusakan gear anda.

Itulah beberapa tips merawat rantai motor yang benar. Dengan rutin melakukan perawatan pada rantai akan menjadikan rantai menjadi lebih awet dan tahan lama.

Post a Comment

 
Top