Membuat Dokumen dengan Notepad. Notepad adalah sebuah aplikasi pengedit teks atau dalam bahasa inggris disebut Text Editor. Notepad adalah Text Editor sederhana yang merupakan salah satu aplikasi bawaan dari Windows. Dengan Notepad, Anda bisa menulis ke dalam file untuk disimpan, share bahkan print, walaupun ketikan yang dihasilkan masih merupakan tampilan sederhana, notepad masih digemari hingga sekarang karena terkenal praktis dalam penggunaanya dan banyak file-file penting yang masih disimpan dalam format teks(.txt). Kita akan belajar membuat file menggunakan salah satu aplikasi editor teks bernama Notepad. Untuk mendapatkan aplikasi Notepad, ikuti langkah-langkah berikut. Klik Start >> All Programs >> Accessories >> Notepad. Perhatikan gambar jendela Notepad berikut.
Pada saat menjalankan sebuah aplikasi, tombol aplikasi tersebut mucul di taskbar. Tombol ini dapat dimanfaatkan untuk menampilkan (show) atau menyembunyikan (hide) jendela aplikasi. Cobalah meng-klik tombol tersebut beberapa kali dan lihatlah hasilnya.
Perhatikan jendela Notepad. Pada bagian paling atas atau paling bawah dapat dijumpai judul bar dengan tulisan Untitled–Notepad. Dokumen yang baru dibuka dan belum disimpan akan diberi nama Untitled. Area berwarna putih yang mendominasi jendela Notepad disebut workspace area. Pada area ini kamu dapat menulis dokumen. Klik pada workspace. Ketika kamu mengetik kalimat tersebut, Notepad akan menuliskannya satu baris memanjang dari kiri ke kanan. Kamu hanya dapat melihat sebagian teks. Kamu dapat membaca kalimat yang tidak tampak dengan menggeser horizontal scroll bar. Perhatikan gambar berikut.
Gunakan mouse untuk menggeser horizontal scroll bar. Kamu bisa meng-klik tombol kiri mouse tepat di atas scroll bar. Tahan dan geser ke arah kanan. Lepaskan jika sudah sampai di sisi kanan. Sekarang, kamu dapat membaca kalimat yang terhalang oleh jendela Notepad. Sebaliknya, jika ingin melihat kalimat di sebelah kiri, geser saja horizontal scroll bar ke kiri.

Notepad menyediakan fasilitas Word Wrap yang dapat digunakan untuk menampilkan isi dokumen yang terformat dari atas ke bawah. Klik menu Format >> Word Wrap. Word wrap berguna jika text dalam 1 baris pada notepad terlalu panjang sehingga kalimatnya terpotong sehingga perlu di scroll ke kanan untuk membaca kelanjutannya, fungsi word wrap adalah memindahkan bagian kalimat yang perlu di scroll itu ke baris di bawahnya. Hanya di pindahkan untuk memudahkan dibaca, bukan berarti membuat baris baru. Word wrap akan sangat berguna untuk membaca notepad yang dibuka dalam ukuran layout kecil. Jika buka tampilan notepadnya maximize (1 layar penuh), fungsi word wrap tidak akan terlihat.

Kamu dapat melihat vertical scroll bar. Jika kamu menggeser vertical scroll bar ke atas dan ke bawah maka isi dokumen dapat terlihat seluruhnya. Setelah kamu mengetik teks, kamu dapat menyimpan hasil ketikanmu pada media penyimpan data (storage). Penyimpanan ini berguna jika sewaktu-waktu kamu memerlukan data yang telah kamu ketik. Simpanlah data yang telah kamu ketik pada sebuah file. Windows membagi nama file menjadi dua bagian, yaitu nama file dan extension atau ekstensi. Antara nama file dengan ekstensi dipisahkan oleh titik “.”.

Untuk menyimpan file dapat mengikuti langkah berikut. Pertama, kamu dapat mengarahkan kursor pada menu file. Kemudian, pilihlah menu save.Tunggu sebentar sampai kotak dialog muncul. Setelah kotak dialog muncul, pilihlah lokasi penyimpanan dokumen. Misalkan, kamu akan menyimpan di My Document.
Selanjutnya, arahkan kursor ke kotak File name. Isilah nama file sesuai dengan yang kamu inginkan. Misalkan, nama file yang kamu pilih adalah latihan. Pada bagian lain, yaitu Save As Type dan Encoding tidak perlu kamu ubah. Kemudian, klik Save untuk menyimpan dokumen. Notepad akan menambahkan "txt" setelah nama file. Jadi, jika kamu menuliskan latihan pada kotak file name maka nama file sesungguhnya adalah latihan.txt.

Setelah file disimpan, perhatikan judul bar Notepad yang telah berubah. Kamu dapat melihat nama file, yaitu latihan.Windows biasanya akan menyembunyikan extension file. Oleh sebab itu, pada title bar Notepad nama file dituliskan latihan saja.

Post a Comment

 
Top