Ikan sidat tumbuh di perairan tawar (sungai dan danau) hingga mencapai dewasa setelah itu ikan sidat dewasa akan beruaya ke laut dalam untuk melakukan reproduksi. Larva hasil pemijahan akan berkembang dan berangsur-angsur terbawa arus ke perairan pantai. Ikan sidat yang mencapai stadia elver akan beruaya dari perairan laut ke perairan tawar melalui muara sungai.

Ruaya benih ikan sidat (glass eel dan elver) berhubungan dengan musim. Diperkirakan ruaya larva ikan sidat dimulai pada awal musim hujan akan tetapi pada musim tersebut faktor arus sungai dan keadaan bulan sangat mempengaruhi intensitas ruayanya.

Pada ekosistem aslinya ikan sidat termasuk ke dalam strata hewan karnivora pada rantai makanan. Diperairan umum ikan sidat memakan berbagai hewan khususnya organisme benthik seperti crustaceae (udang dan kepiting), polychaeta (cacing, larva chironomus) dan bivalvia serta gastropoda. Ikan sidat aktif malakukan aktivitas makan pada saat malam hari (nocturnal).

Larva Ikan sidat hidup pada lingkungan yang mempunyai karakteristik fisik sebagai berikut :
1.Suhu, benih ikan sidat lokal A. marmorata tumbuh baik pada suhu berkisar antara 29 – 31 oC.
2.Salinitas, salinitas yang baik untuk pertumbuhan ikan sidat adalah 0 – 3 ppt
3.Oksigen Terlarut (DO), kandungan oksigen terlarut minimal yang dapat ditolelir oleh ikan sidat berkisar antara 3 – 4 ppm
4.pH , pH optimal untuk pertumbuhan ikan sidat adalah 7 – 8. (MJ-Sidatmania).

Post a Comment

 
Top