Perlengkapan Primer Penangkapan Pukat Cincin
Terdiri dari alat penarik tali kerut (purse line) dikenal dengan nama purse winch, alat penghibob jaring (power block) , alat penahan cincin (ring stripper) dewi-dewi purse seine (purse davits).



Superwinch 1120210 ATV LT2000 Series WinchPurse winch umunya digerakkan dengan menggunakan tenaga hidrolik yang dpat dikontrol baik manual maupun otomatis. Winch ini terdiri dari dua drum utama yang berfungsi sebagai penggulung purse line.


PowerBlock SportBlock 24 Adjustable 3 to 24-Pounds per Dumbbell Set

Power block terdiri dari sebuah keeping beralur yang dilapisi dengan bahan dari karet (rubber) yang untuk memudahkan penghiboban jarring.






Perlengkapan Primer Penangkapan Rawai Tuna
Terdiri dari alat penarik main line dikenal dengan nama Line hauler, alat penggulung branch line (branch winder) , alat penata tali (line arranger), alat pelepas loncing (line thrower) dan side roller.

S Line Ratcheting Pickup or SUV Bar --- 46in. - 61in. AdjustmentLine hauler digerakkan baik dengan system elektrik maupun hidrolik. Line hauler terdiri dari dua block dan roda penekan. Satu blok berfungsi sebagai penarik dan satunya sebgaia blok penghantar. Roda penekan berfungsi menekan main line pada blok pemutar agar tali tidak slip.





Branch winder atau Branch Ace digerakan dengan tenaga listrik yang berfungsi sebagai penggulung branch line

Fisher Price Precious Planet 2-Pack Clear View Roller ShadesSide roller dipasang pada top bulkwark yang dapat berputar bebas secara horizontal. Alat ini berfungsi sebagai roller penghantar tali ke line hauler agar tali tidak bergesekan dengan dinding kapal. Side roller terdiri dari dua roller tegak dan dan satu roller datar, keduanya dapat berputar bebas





Line arranger digerakkan dengan tenaga listrik atau hidrolik di pasang diatas kotak penyimpan main line (line box) pada kapal rawai tuna system box.


Perlengkapan Primer Penangkapan Pukat Udang
Terdiri dari alat penarik warp dikenal dengan nama winch trawl, sepasang boom samping (out rigger).

ISO 6115:1988, Shipbuilding -- Trawl winchesTrawl winch selain berfungsi sebagai pengarea dan penghibob warp, pengangkat cod end juga dapat difungsikan sebagai cargo winch atau pekerjaan-pekerjaan lain untuk mengangkat beban yang berat.






Boom samping berfungsi sebagai penahan warp saat tahapan towing, dan menggantung sementara otter board pada tahapan persiapan setting dan hauling.


Perlengkapan Primer Penangkapan Pukat Ikan
Terdiri dari alat penarik warp dikenal dengan nama winch trawl, sepasang gallow.

Trawl winch selain berfungsi sebagai pengarea dan penghibob warp, pengangkat cod end juga dapat difungsikan sebagai cargo winch atau pekerjaan-pekerjaan lain untuk mengangkat beban yang berat. Winch ini umumnya terdiri dari dua buah penggulung dan pengarea warp dan sebuah drum yang berfungsi menarik bagian pukat ikan terutama cod end ke kepal.

Sepasang Gallow dipasang di tiang belakang yang berfungsi sebagai blok penghantar warp dari alat ke winch selama proses operasi pukat ikan.

Post a Comment

 
Top