Fenomena alam yang kian sulit dideteksi memancing rasa kekhawatiran para ilmuwan. Sejumlah alat-alat canggih pun disiapkan, termasuk di antaranya super komputer yang khusus digunakan untuk memantau fenomena pergerakan cuaca ekstrim.

Para ilmuwan Jerman -- yang berada di balik kehadiran super komputer ini -- berharap alat tersebut dapat memberikan beragam informasi penting terkait kondisi pemanasan global (global warming) yang semakin mengancam bumi.

Diperlukan sekitar 50 kilometer kabel untuk menciptakan super komputer bernama 'Blizzard' ini. Alhasil, kalau ditimbang, berat super komputer ini mencapai 35 ton. Blizzard mampu mendistribusikan lalu lintas data hingga 158 TeraFlops atau memiliki kemampuan 158 tiliun kalkukasi hanya dalam satu detik.

Dengan alat pendeteksi tambahan, Blizzard dikatakan juga bisa memantau pergerakan atmosfer dan lautan. "Blizzard 60 kali lebih cepat dari seri sebelumnya dan merupakan salah satu super komputer terbesar di dunia," tulis pernyataan German Climate Research Centre yang berlokasi di Hamburg.http://sukses-uang.blogspot.com

Post a Comment

 
Top