Taksonomi Bloom merujuk pada taksonomi yang dibuat untuk tujuan pendidikan. Taksonomi ini pertama kali disusun oleh Benjamin S. Bloom pada tahun 1956. Dalam hal ini, tujuan pendidikan dibagi menjadi beberapa domain (ranah, kawasan) dan setiap domain tersebut dibagi kembali ke dalam pembagian yang lebih rinci berdasarkan hirarkinya.
Tujuan pendidikan dibagi ke dalam tiga domain, yaitu:
Tujuan pendidikan dibagi ke dalam tiga domain, yaitu:
- Cognitive Domain (Ranah Kognitif), yang berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek intelektual, seperti pengetahuan, pengertian, dan keterampilan berpikir.
- Affective Domain (Ranah Afektif) berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek perasaan dan emosi, seperti minat, sikap, apresiasi, dan cara penyesuaian diri.
- Psychomotor Domain (Ranah Psikomotor) berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek keterampilan motorik seperti tulisan tangan, mengetik, berenang, dan mengoperasikan mesin.
Pada level atau tingkatan terendah ini dimaksudkan sebagai kemampuan mengingat kembali materi yang telah dipelajari, misalnya: (a) pengetahuan tentang istilah; (b) pengetahuan tentang fakta khusus; (c) pengetahuan tentang konvensi; (d) pengetahuan tentang kecendrungan dan urutan; (e) pengetahuan tentangklasifikasi dan kategori; (f) pengetahuan tentang kriteria; dan (g) pengetahuan tentang metodologi.
Kata Kerja Operasional Level C1Contoh-contoh kata kerja operasional untuk merumuskan tujuan pembelajaran pada level C1 (Cognitive 1 – Pengetahuan) antara lain:
Kata Kerja Operasional Level C1 | ||||
---|---|---|---|---|
mengutip | menyebutkan | menjelaskan | menggambar | membilang |
mengidentifikasi | mendaftar | menunjukkan | memberi label | memberi indeks |
memasangkan | menamai | menandai | membaca | menyadari |
menghafal | meniru | mencatat | mengulang | mereproduksi |
meninjau | memilih | menyatakan | mempelajari | mentabulasi |
memberi kode | menelusuri | menulis | merespon | - |
Pada level atau tingkatan kedua ini, pemahaman diartikan sebagai kemampuan memahami materi tertentu, dapat dalam bentuk: (a) translasi (mengubah dari satu bentuk ke bentuk lain); (b) interpretasi (menjelaskan atau merangkum materi);(c) ekstrapolasi (memperpanjang/memperluas arti/memaknai data).
Kata Kerja Operasional Level C2Contoh-contoh kata kerja operasional untuk merumuskan tujuan pembelajaran pada level C2 (Cognitive 2 – Pemahaman) antara lain:
Kata Kerja Operasional Level C2 | ||||
---|---|---|---|---|
memperkirakan | menjelaskan | mengkategorikan | mencirikan | merinci |
mengasosiasikan | membandingkan | menghitung | mengkontraskan | mengubah |
mempertahankan | menguraikan | menjalin | membedakan | mendiskusikan |
menggali | mencontohkan | menerangkan | mengemukakan | mempolakan |
memperluas | menyimpulkan | meramalkan | merangkum | menjabarkan |
Pada level atau tingkatan ketiga ini, aplikasi dimaksudkan sebagai kemampuan untuk menerapkan informasi dalam situasi nyata.
Kata Kerja Operasional Level C3Contoh-contoh kata kerja operasional untuk merumuskan tujuan pembelajaran pada level C3 (Cognitive 3 – Aplikasi) antara lain:
Kata Kerja Operasional Level C3 | ||||
---|---|---|---|---|
menugaskan | mengurutkan | menentukan | menerapkan | menyesuaikan |
mengkalkulasi | memodifikasi | mengklasifikasi | menghitung | membangun |
membiasakan | mencegah | menentukan | menggambarkan | menggunakan |
menilai | melatih | menggali | mengemukakan | mengadaptasi |
menyelidiki | mengoperasikan | mempersoalkan | mengkonsepkan | melaksanakan |
meramalkan | memproduksi | memproses | mengaitkan | menyusun |
mensimulasikan | memecahkan | melakukan | mentabulasi | - |
Analisis adalah kategori atau tingkatan ke-4 dalam taksonomi Bloom tentang ranah (domain) kognitif. Analisis merupakan kemampuan menguraikan suatu materi menjadi bagian-bagiannya. Kemampuan menganalisis dapat berupa: (a) analisis elemen (mengidentifikasi bagian-bagian materi); (b) analisis hubungan (mengidentifikasi hubungan); (c) analisis pengorganisasian prinsip (mengidentifikasi pengorganisasian/organisasi).
Kata Kerja Operasional Level C4Contoh-contoh kata kerja operasional untuk merumuskan tujuan pembelajaran pada level C4 (Cognitive 4 – Analisis) antara lain:
Kata Kerja Operasional Level C4 | ||||
---|---|---|---|---|
menganalisis | mengaudit | memecahkan | menegaskan | mendeteksi |
mendiagnosis | menyeleksi | merinci | menominasikan | mendiagramkan |
mengkorelasikan | merasionalkan | menguji | mencerahkan | menjelajah |
membagankan | menyimpulkan | menemukan | menelaah | memaksimalkan |
memerintahkan | mengedit | mengaitkan | memilih | mengukur |
melatih | mentransfer | - | - | - |
Level kelima adalah sintesis yang dimaknai sebagai kemampuan untuk memproduksi. Tingkatan kognitif kelima ini dapat berupa: (a) memproduksi komunikasi yang unik; (b) memproduksi rencana atau kegiatan yang utuh; dan (c) menghasilkan/memproduksi seperangkat hubungan abstrak.
Kata Kerja Operasional Level C5Contoh-contoh kata kerja operasional untuk merumuskan tujuan pembelajaran pada level C5 (Cognitive 5 – Sintesis) antara lain:
Kata Kerja Operasional Level C5 | ||||
---|---|---|---|---|
mengabstraksi | mengatur | menganimasi | mengumpulkan | mengkategorikan |
mengkode | mengombinasikan | menyusun | mengarang | membangun |
menanggulangi | menghubungkan | menciptakan | mengkreasikan | mengkoreksi |
merancang | merencanakan | mendikte | meningkatkan | memperjelas |
memfasilitasi | membentuk | merumuskan | menggeneralisasi | menggabungkan |
memadukan | membatas | merefarasi | menampilkan | menyiapkan |
memproduksi | merangkum | merekonstruksi | - | - |
Level ke-6 dari taksonomi Bloom pada ranah kognitif adalah evaluasi. Kemampuan melakukan evaluasi diartikan sebagai kemampuan menilai ‘manfaat’ suatu benda/hal untuk tujuan tertentu berdasarkan kriteria yang jelas. Paling tidak ada dua bentuk tingkat (level) evaluasi menurut Bloom, yaitu: (a) penilaian atau evaluasi berdasarkan bukti internal; dan (2) evaluasi berdasarkan bukti eksternal.
Kata Kerja Operasional Level C6Contoh-contoh kata kerja operasional untuk merumuskan tujuan pembelajaran pada level C6 (Cognitive 6 – Evaluasi) antara lain:
Kata Kerja Operasional Level C6 | ||||
---|---|---|---|---|
membandingkan | menyimpulkan | menilai | mengarahkan | mengkritik |
menimbang | memutuskan | memisahkan | memprediksi | memperjelas |
menugaskan | menafsirkan | mempertahankan | memerinci | mengukur |
merangkum | membuktikan | memvalidasi | mengetes | mendukung |
memilih | memproyeksikan | - | - | - |
Post a Comment