Membuat Motif Hias. Membatik adalah proses pembuatan motif atau ragam hias pada kain dengan perintangan. Salah satu jenis bahan yang digunakan dalam proses perintangan tersebut yaitu lilin. Pada tulisan  kita akan membatik dengan teknik perintangan lilin. Tetapi, pada latihan ini kita tidak menggunakan canting tulis. Kita hanya mengunakan lilin batang biasa. Maksud dari latihan ini, yaitu agar kita memahami prinsip kerja perintangan lilin yang diajarkan. Hasil dari latihan ini juga masih sangat sederhana.

Alat dan bahan yang digunakan untuk latihan membuat motif batik adalah sebagai berikut :
1. Kostik
2. Naptol AS SB
3. Naptol AS G
4. Garam diazo merah B
5. Lilin
6. Garam diazo kuning Gc
7. Ember
8. Kain putih
9. Pinsil
10. Korek api

Merancang Motif Batik
1. Buatlah motif pada kain putih dengan menggunakan pensil
2. Nyalakan lilin. Gunakan lelehan lilin untuk menutup bagian-bagian motif yang tidak ingin kamu warnai. Berhati-hatilah, jangan sampai nyala lilin membakar kain. Usahakan lelehan lilin tidak keluar dari bagian-bagian motif yang akan kita tutup.
3. Buatlah dua macam larutan pewarna.
  • Komposisi larutan 1: ½ liter air, 1 sendok makan naptol AS LB, garam diazo merah B, dan kostik.
  • Komposisi larutan 2: ½ liter air, 1 sendok makan naptol AS G, garam diazo kuning Gc, dan kostik.
  • Komposisi larutan pertama menghasilkan warna cokelat merah, sedangkan larutan kedua akan menghasilkan warna kuning.
4. Masukkan kain yang telah dirintangi lilin ke dalam larutan pertama. Diamkan selama ± 5 menit, kemudian angkatlah kain. Hilangkan lilin dengan mencelupkan kain ke dalam air panas sambil diremas-remas. Menghilangkan lilin dengan cara memasukkan kain ke dalam air mendidih akan lebih baik, sebab lilin lebih cepat larut/hilang.

5. Bagian pola yang telah diwarna ditutup dengan lilin kemudian dimasukkan ke dalam larutan kedua sambil ditekan-tekan. Setelah ± 5 menit kain diangkat dan dihilangkan lilin nya. Caranya sama dengan sebelumnya, yaitu mencelupkan ke dalam air panas atau merebusnya. Jika lilin yang menempel pada kain telah bersih, kain dapat diangkat dan diangin-anginkan.

Teknik membatik dengan lilin seperti di atas memang sederhana dan mudah, tetapi motif yang dihasilkan tidak serapi dan seindah motif batik yang dikerjakan dengan teknik cap dan teknik canting.

Post a Comment

 
Top