Perangkat Lunak Komputer. Perangkat lunak atau software sama pentingnya dengan perangkat keras. Jika kamu menggunakan komputer yang bagus namun software yang digunakan tidak bagus, komputer tersebut tidak akan banyak bermanfaat. Orang yang membuat software disebut programmer. Programmer menulis kode-kode program seperti seorang penulis mengarang buku.Para ahli mengelompokkan software berdasarkan fungsinya. Secara umum, software komputer dibagi menjadi dua bagian, yaitu software aplikasi dan software sistem.

1. Software Aplikasi
Software aplikasi dibuat untuk keperluan pengguna komputer. Software aplikasi sangat banyak jumlahnya. Ada software yang dibuat untuk keperluan komersial atau diperjualbelikan. Ada juga yang sengaja dibuat untuk  keperluan nonkomersial atau disebarkan secara cumacuma. Setiap software aplikasi memiliki nama dan fungsi tertentu. Beberapa software aplikasi yang banyak digunakan masyarakat antara lain.
a. Aplikasi Office
Aplikasi office atau office suite merupakan aplikasi yang paling populer. Aplikasi office dibuat untuk memudahkan menyelesaikan pekerjaan kantor. Aplikasi office yang terkenal adalah Microsoft Office (MS Office). MS Office terdiri atas aplikasi berikut.
  • MS Word. MS Word merupakan aplikasi pengolah kata (word processor). kamu dapat menggunakannya untuk membuat doku men, seperti makalah, pamflet, buku, dan surat resmi.
  • MS Excel. MS Excel merupakan aplikasi pengolah angka (spreadsheet). MS Excel dapat digunakan untuk menyelesaikan perhitungan yang melibatkan tabel.
  • MS PowerPoint. MS PowerPoint merupakan aplikasi presentasi (presentation). Soft ware ini sering digunakan untuk membuat halaman presentasi.
  • MS Access. MS Access merupakan aplikasi basis data (data base). Basis data banyak digunakan untuk keperluan penyimpanan dan pengolahan data berukuran besar. Biasanya data disimpan di komputer khusus yang disebut server data base.
Contoh lain aplikasi office adalah OpenOffice.org (OOo) yang merupakan salah satu aplikasi open source. Aplikasi yang disediakan oleh OpenOffice.org yaitu sebagai berikut.
  • OOo Writer, merupakan aplikasi word processor (fungsinya mirip dengan MS Word).
  • OOo Calc, merupakan aplikasi spreadsheet (mirip dengan MS Excel).
  • OOo Impress, merupakan aplikasi presentation (mirip dengan MS PowerPoint).
  • OOo Base, merupakan aplikasi data base (mirip dengan MS Access)
  • OOo Draw, merupakan aplikasi gambar (drawing).Kamu dapat membuat gambar dan bagan-bagan menggunakan aplikasi Draw.
b. Aplikasi Desktop Publishing
Aplikasi desktop publishing banyak digunakan di perusahaan penerbit buku, majalah, dan koran. Aplikasi desktop publishing digunakan untuk membantu menyusun dan menyelesaikan layout (tata letak) halaman. Beberapa contoh aplikasi desktop publishing sebagai berikut.
  • MS Publisher, biasanya sudah disertakan bersama MS Office Profesional.
  • Adobe Page Maker.
  • Scribus, salah satu aplikasi open source yang digunakan di Linux.
c. Aplikasi CAD/CAM
CAD/CAM merupakan singkatan Computer Aided Design/Computer Aided Manufacture. Kedua jenis software tersebut banyak digunakan untuk desain atau pemodelan di dunia industri dan pendidikan. Sebagai contoh, perusahaan pembuat pesawat terbang menggunakan software CAD/CAM untuk membantu memperkirakan bentuk akhir pesawat yang sedang dibuat. Dengan demikian, perusahaan dapat menghemat biaya kerugian akibat kesalahan desain. Contoh software CAD/ CAM sebagai berikut.
  • AutoCAD. Cukup banyak lembaga pendidikan yang mengajarkan penggunaan software AutoCAD. Salah satu kegunaan Software AutoCAD untuk desain atau membuat arsitek tur suatu contoh bangunan.
  • SAP2000. SAP2000 digunakan untuk keperluan simulasi struktur bangunan. Biasanya software ini banyak digunakan oleh insinyur teknik sipil.
d. Aplikasi Internet
Aplikasi Internet merupakan jenis software yang digunakan untuk mengakses berbagai layanan Internet. Beberapa contoh layanan Internet yang populer, yaitu web, e-mail, chatting, dan FTP. Aplikasi Internet saat ini semakin populer dan semakin mudah digunakan. Contoh aplikasi Internet sebagai berikut.
  • Internet Explorer. Internet exploler merupakan aplikasi Web browser yang digunakan untuk mengakses situs atau home page.
  • Thunderbird. Thunderbird merupakan aplikasi e-mail client yang digunakan untuk mengirim dan membaca e-mail.
  • 3) mIRC. mIRC merupakan aplikasi chatting. Kamu dapat mengguna kan aplikasi ini untuk berkomunikasi dengan orang yang berada di luar negeri sekalipun. Selain mIRC kamu juga dapat menggunakan aplikasi chatimg Yahoo Messenger dengan orang yang berbeda tempat denganmu.
e. Aplikasi Editor Teks
Aplikasi editor teks adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk menghasilkan dokumen sederhana. Dalam istilah teknis, dokumen sederhana disebut file text atau plaintext. Kamu dapat menulis sesuatu, seperti menulis puisi, ide cerita, tugas-tugas, dan dokumen lainnya dengan menggunakan editor teks. Namun, pada editor teks kamu tidak dapat mengatur tata letak (layout), tidak dapat memasukkan gambar. Kamu juga tidak dapat membuat tabel-tabel seperti pada aplikasi pengolah kata.

Editor teks memiliki banyak manfaat, terutama jika kamu mengetik teks yang tidak memerlukan tata letak (layout). Pada bab selanjutnya, kamu akan belajar menggunakan salah satu editor teks, yaitu Notepad. Notepad tersedia pada sistem operasi Windows. Selain Notepad, ada editor teks lain yang disediakan oleh Windows. Editor teks tersebut adalah Wordpad. Wordpad merupakan editor teks yang lebih canggih dan lebih kaya fasilitas (rich) dibandingkan Notepad. Wordpad juga dapat menghasilkan file teks dan file dalam format lain yang disebut file RTF (Rich Text Format). Dokumen yang sudah dibuat dengan aplikasi Notepad dapat dibuka pada aplikasi Wordpad.

2. Software Sistem
Software sistem dibuat untuk keperluan komputer atau mesin. Biasanya, software jenis ini tidak secara langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh pengguna komputer. Sistem software mengatur cara kerja komputer atau melakukan tugas khusus. Dengan demikian, pengguna dapat menyelesaikan masalah tertentu tanpa perlu mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh komputer.
a. Sistem Operasi
Sistem operasi kadang disingkat sebagai OS atau O/S. Sistem Operasi merupakan software yang mengatur
atau mengelola sumber daya komputer. Semua komputer memerlukan sistem operasi agar komputer tersebut dapat bekerja. Contoh sistem operasi sebagai berikut.
  • MS DOS, merupakan sistem operasi mode teks yang banyak digunakan pada komputer jenis lama.
  • OS/2, merupakan sistem operasi grafis yang di kembangkan oleh IBM.
  • Windows, merupakan sistem operasi grafis yang dibuat oleh Microsoft.
  • Linux, merupakan sistem operasi untuk server Internet yang bersifat open source
b. Compiler dan Interpreter
Compiler dan interpreter merupakan software yang digunakan untuk membuat program komputer. Orang yang membuat program komputer disebut programmer. Perbedaan antara compiler dan interpreter terletak pada hasil akhirnya. Compiler dapat menghasilkan file biner, sedangkan interpreter tidak dapat menghasilkan file biner.

Sejarah perjalanan bahasa pemprograman cukup panjang. Orang yang diakui sebagai programmer pertama dunia adalah seorang matematikawan wanita. Matematikawan tersebut bernama Agusta Ada Byron atau lebih dikenal dengan nama Ada Lovelace. Namanya kemudian diabadikan menjadi nama bahasa pemprograman ADA, yang dikembangkan oleh Pentagon. Pada tahun 1975, Bill Gates bersama Paul Allen (pendiri Microsoft) berhasil menciptakan bahasa pemprograman BASIC untuk komputer mikro bernama MITS Altair. Bahasa BASIC kali pertama dibuat pada tahun 1963, oleh dua orang ahli matematika bernama John George Kemeny and Tom Kurtzas. Hingga kini bahasa BASIC masih disukai orang dan telah dikembangkan untuk Windows dengan nama Visual Basic.

Kedudukan bahasa pemprograman dan compiler sangatlah penting.Perkembangan software tidak akan secepat seperti sekarang jika tidak ditemukan bahasa pemprograman dan compiler. Contoh compiler yang populer sebagai berikut.
  • Turbo Pascal
  • GNU C++
  • Borland Delphi
  • Visual Basic
c. Software Utilitas
Software utilitas kadang disebut service program, service routine, atau tool. Software utilities merupakan jenis software yang dibuat untuk meningkatkan dan melengkapi kemampuan sistem operasi. Utilitas dapat membantu mengelola hardware, melakukan sistem operasi, dan mengelola aplikasi. Utilitas saat ini telah disertakan bersama sistem operasi. Contoh utilitas sebagai berikut.
  • Norton Speed Disk, merupakan contoh utilitas disk defragmenter yang digunakan untuk mengatur urutan penempatan file pada hard disk.
  • AVG Anti Virus, merupakan utilitas virus scanner yang digunakan untuk mendeteksi dan mengobati file-file yang sudah terinfeksi virus komputer.
  • WinRAR, merupakan contoh utilitas archive yang digunakan untuk keperluan kompresi/dekompresi (pemadatan) file.
3. Perangkat Akal
Perangkat akal atau brainware tidak sering disinggung pada pembahasan perangkat komputer. Banyak pakar komputer yang berpendapat bahwa brainware bukan merupakan bagian dari teknologi informasi. Hal tersebut mungkin karena manusia bukan suatu perangkat, melainkan makhluk hidup. Namun, teknologi secanggih apapun masih memerlukan manusia untuk menjalankannya. Tidak ada orang yang mampu menguasai semua bidang. Dalam teknologi informasi dan komunikasi terdapat pembagian bidang keahlian. Kamu mungkin pernah mendengar istilah operator, programmer, web develover, system analyst, network administrator, network engineer, dan IT Consultant. Istilah tersebut merupakan istilah pekerjaan dalam bidang teknologi informasi.  

    Post a Comment

     
    Top