Idealnya, Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan utama bayi selama 6 bulan pertamanya. Namun, ada kalanya ibu harus terpisah dari si bayi. Tak jarang ibu harus menyimpan ASI-nya di dalam lemari pendingin. Namun, seberapa lama ASI bisa disimpan hingga kandungannya berkurang dan sebaiknya tidak dipakai lagi?

Menurut laporan yang disiarkan oleh Reuters, ASI bisa disimpan di dalam lemari pendingin selama 4 hari sebelum nilai kandungannya berkurang dan terkontaminasi bakteri. Namun, tentunya ini berpengaruh pula dengan cara penyimpanannya. Idealnya ASI digunakan dalam jangka waktu 2-3 hari setelah diperas. Namun secara umum, ASI bisa disimpan dalam lemari pendingin dengan suhu 4 derajat Celsius tanpa berkurang kualitasnya selama 5-8 hari.

Sekumpulan peneliti dari North Shore University Hospital, New York meneliti ASI dari 36 ibu, lalu menyimpannya di dalam lemari pendingin suatu neonatal intensive care unit (NICU). Susu-susu ini diperoleh dengan metode breast pump dari para relawan yang baru memiliki bayi 1 bulan. ASI disimpan di dalam lemari es dengan pendinginan 4 derajat Celsius, lalu dites setelah 24, 48, 72, dan 96 jam.

Selama masa penelitian itu, para peneliti menyatakan tidak menemukan adanya perbedaan berarti terhadap komposisi ASI -termasuk perubahan dalam level bakteria, keasaman, dan protein daya tahan tubuh dari ibu, asam lemak baik, dan protein.

Richard J. Shanler, kepala penelitian ini menyatakan dalam Journal of Pediatrics, bahwa ASI masih baik digunakan setelah disimpan hingga 96 jam dan komposisinya belum rusak. Memang, penelitian tersebut dilangsungkan di dalam sebuah NICU, namun hasil penelitian tersebut masih relevan dengan penyimpanan di rumah, bahwa ASI sebaiknya segera dikonsumsi dalam waktu beberapa hari penyimpanan.

Mengenai penyimpanan di rumah, para ahli menyarankan untuk menggunakan wadah penyimpanan tertutup dari kaca atau plastik yang tidak mengandung zat kimia bisphenol A. Sebaiknya setiap wadah penyimpanan diberi label tanggal penyimpanan. Setiap menaruh stok baru, simpan wadah di tempat paling belakang lemari pendingin yang suhunya 4 derajat Celsius atau lebih dingin.

http://sukses-uang.blogspot.com

Post a Comment

 
Top