Pertahankan Mangrove dan Terumbu Karang


Pertahankan Mangrove dan Terumbu Karang

Mampu menjadi tameng dari gempuran arus laut yang menerjang.

"\ yTengapa mangrove dan terumbu IVA karang di Teluk Lasongko harus dipertahankan? lawabnya, keduanya sangat berguna dalam menjaga populasi biota laut secara lestari. Tak ada mangrove dan terumbu karang berarti tak ada kehidupan. Nelayan pun bakal gigit jari.

Lebih dari itu, mangrove juga berfungsi melindungi daratan, baik dari angin laut yang kencang maupun gempuran ombak. Bisa dibayangkan kalau daratan itu tak dilindungi hutan mangrove. Yang terjadi adalah angin laut itu bebas berhembus dan merusak tanaman pertanian di sekitarnya.

Selain itu, daratan pantainya juga mudah terkena abrasi. Sekali lagi lihatlah kelalaian kita memperlakukan hutan mangrove di Pantura lawa, khususnya di kawasan Indramayu, lawa Barat.

Kecerobohan itu harus dibayar mahal. Betapa tidak, abrasi telah mengikis ke arah jalan raya Pantura yang selama ini menjadi urat nadi perekonomian di Pulau lawa. Di samping itu, abarasi juga telah merangsek ke pantai-pantai indah yang menjadi objek wisata.

Hal serupa juga dapat terjadi di Teluk Lasongko jika saja kita masih berulah melenyapkan terumbu karang. Dari berbagai riset membuktikan, terumbu karang mampu menjadi tameng dari gempuran arus laut yang menerjang ke daratan.ladi, selagi masih ada terumbu karang dan hutan mangrove, mari kita jaga dan selamatkan bersama. Yang telah sima, ayo kita tanam lagi.

Ketika kita memperlakukan alam secara arif bijaksana semacam ini, ia pun akan setia memberikan manfaat tanpa henti. b slswo


Sumber: KoranJakarta,13September2011,Hal 15

Post a Comment

 
Top