Tahapan pembesaran bertujuan untuk memperoleh ikan sidat ukuran konsumsi dengan ukuran > 200 gr/ekor yang dipelihara dan merupakan tahap akhir dari semua kegiatan budidaya ikan sidat. Benih ikan sidat yang digunakan berasal dari hasil tahap pendederan II yang berukuran berat 10 gr/ekor (fingerling).

Proses pemindahan benih ikan sidat dari bak penderan II ke dalam tambak pembesaran dilakukan dengan hati-hati dan cepat untuk menghindari stress selama proses pemindahan berlangsung. Disarankan untuk melakukan pemindahan pada pagi atau sore hari dimana suhu lingkungan tidak terlalu tinggi. Benih ikan sidat ditebar dengan kepadatan 4 ekor/m2.

Tempat pemeliharaan yang digunakan adalah tambak dengan dimensi 100 x 40 x 3 m3 dengan tinggi air media yang digunakan hanya 1,5 m.dari dasar tambak. Tambak pemeliharaan dilengkapi dengan 2 unit kincir air pedal hole. Air media pemeliharaan berasal dari tandon air yang dialirkan saluran inlet ke dalam tambak pemeliharaan. Volume pergantiian air sebanyak 20 – 30 % yang dilakukan satu kali dengan interval waktu 3 hari.

Sebelum digunakan, tambak terlebih dahulu dipersiapkan agar ikan sidat dapat tumbuh maksimal. Persiapan yang dilakukan adalah sebagai berikut :
•Pengangkatan lumpur sedalam 5 cm.
Pengangkatan tanah ini dilakukan untuk menghilangkan gas-gas beracun pada lahan yang potensial keasamannya rendah.
•Perbaikan tanggul.
Perbaikan tanggul meliputi pengerasan dasar dan bagian miring tambak supaya mempersulit sidat untuk membuat liang. Pada habitat aslinya, sidat membuat lubang untuk tempat hidupnya agar terlindung dari predator.
•Pembuatan sarana biosecurity.
Untuk menjaga sanitasi dan meghindari hama dan penyakit masuk ke dalam kolam (tambak) maka diperlukan sarana biosecurity.
•Pengisian air tawar.
Air media yang digunakan harus terhindar dari polutan berupa pestisida atau bahan berbahaya lainnya. Pemasangan kincir air dilakukan sebelum pengisian air media dilakukan untuk mempermudah pemasangan kincir tersebut. Pengisian air tawar dilakukan sampai ketinggian air kurang lebih mendekati 1 meter dari dasar tambak. (MJ-Sidatmania).

Post a Comment

 
Top