Membandingan Teks. Dua buah teks dapat memiliki kesamaan tema atau informasi. Untuk dapat membandingkan dan mencari kesamaan teks dapat dilakukan dengan cara membaca kedua teks tersebut secara keseluruhan. Dalam membaca teks tersebut mungkin tidak hanya sekali saja, bisa juga berulang-ulang agar dapat menentukan kesamaanya. Berikut ini beberapa contoh soal membandingkan dua buah teks.

1. Kesamaan Tema
Teks 1 :
Pada tanggal 8 Agustus 1967 Deklarasi ASEAN ditandatangani oleh lima negara. Lima negara tersebut adalah : Thailand, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Philipina.  Setelah penanda tanganan, Adam Malik menjelaskan tentang visi Indonesia. Indonesia mempunyai dua visi untuk Asia Tenggara. Visi tersebut dapat diwujudkan jika negara-negara Asia tenggara bekerja sama.

Teks 2 :
Asean adalah perkumpulan negara-negara Asia tenggara. Asean didirikan oleh lima negara. Lima negara tersebut adalah : Thailand, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Philipina.  Setelah penanda tanganan, Adam Malik menjelaskan tentang visi Indonesia. Indonesia mempunyai dua visi untuk Asia Tenggara. Visi hanya bisa dicapai jika negara-negara Asia tenggara bekerja sama.

Persamaan antara kedua teks di atas adalah tema teks yaitu Asia Tenggara

Teks 1
PMI merupakan organisasi yang bertujuan menolong sesama yang mengalami kesulitan. Siswa SD dapat membantu PMI dengan memberikan sumbangan melalui kupon dana PMI. Selain itu dengan cara ikut aktif dalam kegiatan UKS dengan menjadi dokter kecil dan membantu menyumbang untuk korban bencana alam. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menolong diri sendiri maupun untuk orang lain.


Teks 2
Prinsip-prinsip palang merah yaitu kesamaan, kemanusiaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, dan kesemestaan. Jenis-jenis pelayanan PMI antara lain memberikan perlindungan dan bantuan. Selain itu PMI memberikan layanan transfusi darah, pelayanan sosial dan kesehatan masyarakat, serta membina generasi muda.


Pada teks 1 dan 2 memiliki persamaan. Persamaannya terletak pada tema, yaitu keduanya memiliki tema palang merah

2. Kesamaan Informasi
Teks 1
Buku sangat diperlukan siswa. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan buku. Jika buku tersebut terlalu mahal, kita bisa memfotokopi lalu menjilidnya.

Teks 2
Buku merupakan sarana penunjang bagi siswa sekolah. Siswa tidak perlu khawatir untuk mendapatkan buku. Melalui internet siswa dapat mengunduh buku yang diinginkan.

Teks 1 dan teks dua memiliki kesamaan informasi yaitu cara mendapatkan buku dengan mudah.

Teks 1
Ada dua manfaat menabung. Pertama, dengan menabung kita dapat membeli barang yang kita inginkan menggunakan uang tabungan. Jadi, kita bisa lebih menghargai barang yang kita beli. Kedua, menabung juga bisa melatih berhemat. Jika sejak kecil kita belajar berhemat, kita akan terbiasa mengatur penggunaan uang.

Teks 2
Menabung memang hal yang penting. Menabung juga saat bermanfaat. Dengan menabung kita dapat memiliki barang-barang yang kita butuhkan. Dengan menabung kita juga memiliki dana cadangan saat diperlukan. Sebaliknya dengan menghamburkan uang, hidup kita jadi  tidak terencana. Sikap suka menabung perlu ditanamkan sejak kecil.

Teks 1 dan teks 2 memiliki kesamaan informasi yaitu manfaat menabung.

Post a Comment

 
Top