Soal UH Melaporkan Isi Buku. Ketika membaca buku, selain harus mengetahui isinya, kita juga harus mengetahui data buku. Sewaktu-waktu jika ada orang yang bertanya mengenai buku yang pernah kita baca, kita akan bisa menceritakan buku itu. Data buku, yang meliputi judul buku, nama pengarang, penerbit, tahun terbit, dan tebal buku (jumlah halaman buku).
Garis besar isi buku. Untuk mengetahui isi buku, kita tidak perlu membaca semua isinya. Pertama, baca kata pengantarnya. Kedua, baca daftar isinya. Ketiga, pahami garis besar isi buku dengan membaca sekilas. Keempat, laporkan.
Untuk mencari informasi sebuah buku kita buka saja halaman awal buku. Di sana dapat ditemukan judul buku, nama pengarang, penerbit, tahun terbit, jumlah halaman. Isi buku dapat kamu tentukan setelah kita membaca buku tersebut, tuliskan garis besarnya saja.
Berikut ini contoh soal Ulangan Harian mengenai materi Melaporkan Isi Buku untuk sisw kelas VI.
Bacalah laporan isi buku berikut kemudian jawablah pertanyaan nomor 1 dan 2 !Judul buku : Olahraga Kegemaranku Atletik
Penulis : Muklis
Penerbit : Intan Pariwara
Tahun terbit : 2007
Tebal buku : iv + 60 halaman
Apakah kamu tahu cabang-cabang olahraga yang termasuk atletik? Jika kamu belum mengetahuinya, kamu dapat membaca buku ini. Buku ini berisi tentang cabang-cabang olahraga yang termasuk atletik. Cabang-cabang atletik yang dibahas adalah lari, lompat jauh, lompat tinggi, lempar lembing, dan tolak peluru.
Kamu akan mengetahui bentuk lapangan, peralatan-peralatan yang dibutuhkan, peraturan-peraturan, dan cara bermain cabang-cabang olahraga atletik. Materi yang disampaikan tidak hanya itu saja. Akan tetapi, melalui buku ini kamu juga akan mengetahui teknik-teknik latihan yang dapat menunjang olahraga atletik.
Buku ini dapat dijadikan sebagai tambahan selain buku pelajaran di sekolah. Pembaca yang ingin mendalami dan meningkatkan bakatnya dalam bidang olahraga atletik juga dapat menggunakan buku ini sebagai pedoman latihan.
1. Buku yang dilaporkan di atas berisi ....a. olahraga lari, lompat jauh, lompat tinggi
b. olahraga kegemaranku
c. cabang-cabang olahraga atletik
d. macam-macam olahraga
Buku di atas membahas cabang-cabang olahraga atletik.
2. Manfaat yang diperoleh setelah membaca buku tersebut, kecuali ....
a. mengetahui cabang-cabang olahraga atletik
b. mengetahui cara-cara bermain cabang-cabang olahraga atletik
c. mengetahui teknik latihan olahraga atletik
d. menjadi olahragawan cabang atletik
Dengan hanya membaca buku tersebut tidak otomatis pembacanya menjadi olahragawan cabang atletik.
Bacalah laporan isi buku berikut kemudian jawablah pertanyaan no 3 s.d 5 !
Judul buku : Zat Kimia Berbahaya dalam Makanan dan Minuman
Penulis : Choiril Azmiyawati
Penerbit : Sunda Kelapa Pustaka
Tahun terbit : 2007
Tebal buku : iv + 44 halaman
Bagi Anda yang sering jajan sembarangan, mungkin sudah saatnya untuk membaca buku ini, atau bagi siapa pun yang biasa membeli makanan ataupun minuman daripada membuatnya sendiri. Buku ini menyajikan topik-topik yang saat ini sering diperdebatkan konsumen, yaitu hubungan bahan tambahan pangan dengan kesehatan. Bahan-bahan tambahan tersebut, seperti, bahan pewarna, bahan pemanis, bahan pengawet, penyedap rasa, antioksidan, dan beberapa bahan tambahan lainnya.
Tujuan penggunaan bahan tambahan pangan dapat meningkatkan atau mempertahankan nilai gizi dan kualitas daya simpan, dan mempermudah penyiapannya. Buku ini akan membahas satu per satu bahan-bahan tersebut dan dampak negatifnya terhadap kesehatan. Dengan demikian, pembaca akan mengetahui tentang bahan tambahan pangan dan dampak negatifnya terhadap kesehatan.
3. Berdasarkan laporan buku tersebut, sasaran pembaca buku ini adalah ....a. penjual makanan
b. pemilik toko makanan
c. pembeli makanan atau minuman
d. pabrik makanan atau minuman
Jawaban dapat ditemukan pada kalimat: Bagi Anda yang sering jajan sembarangan, mungkin sudah saatnya untuk membaca buku ini, atau bagi siapa pun yang biasa membeli makanan ataupun minuman daripada membuatnya sendiri.
4. Manfaat membaca buku ini adalah ....
a. Menambah pengetahuan tentang bahaya bahan tambahan yang melebihi takaran dan
akan lebih selektif.
b. Membeli makanan dan minuman yang kandungan bahan pengawetnya tinggi.
c. Akan lebih memilih membuat makan dan minuman siap saji daripada membuatnya
sendiri.
d. Membuat makanan dan minuman dengan memberikan berbagai bahan tambahan
Jawaban dapat ditemukan pada kalimat: Dengan demikian, pembaca akan mengetahui tentang bahan tambahan pangan dan dampak negatifnya terhadap kesehatan.
5. Buku tersebut berisi tentang ....
a. Cara-cara memilih makanan yang sehat dan bebas dari bahan-bahan tambahan yang
berbahaya.
b. Bahan-bahan makanan yang terbebas dari bahan-bahan pengawet, pewarna, dan bahan
tambahan lainnya.
c. Daftar bahan makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh masyarakat.
d. Bahan-bahan tambahan yang terdapat dalam makanan dan hubungannya dengan
kesehatan.
Jawaban dapat ditemukan pada kalimat: Buku ini menyajikan topik-topik yang saat ini sering diperdebatkan konsumen yaitu hubungan bahan tambahan pangan dengan kesehatan.
6. Anita belajar dengan tekun.
Anita pasti lulus ujian.
Kata yang tepat untuk menggabungkan kedua kalimat tersebut adalah ....
a. semoga
b. seandainya
c. mudah-mudahan
d. tetapi
Seandainya Anita belajar dengan tekun, Anita pasti lulus ujian.
7. Kalimat di bawah ini yang merupakan kalimat efektif adalah ....
a. Para siswa ikut pertandingan olahraga di Gedung Olahraga.
b. Para ibu dan bapak orang tua siswa sedang mengadakan rapat.
c. Para guru-guru sedang mengikuti jalan santai bersama keluarga.
d. Semua para ibu dan bapak tani mengikuti rapat di Dinas Pertanian.
Kalimat efektif adalah kalimat yang terhindar dari segala kesalahan. Salah satu kesalahan adalah pengungkapan ganda. Kata para sudah bermakna ganda. Jawaban a merupakan kalimat efektif. Kalimat
8. Untuk menghemat waktu acara hiburan akan saya mulai.Perbaikan kalimat di atas agar efektif adalah ....
a. Untuk mempercepat waktu acara hiburan akan saya mulai.
b. Untuk mengisi waktu acara hiburan akan saya mulai.
c. Untuk memperpendek waktu acara hiburan akan saya mulai.
d. Untuk mempersingkat waktu acara hiburan akan saya mulai.
Kalimat a, c, dan d juga tidak efektif. Kita tidak dapat menghemat, mempercepat, memperpendek, maupun mempersingkat waktu. Yang paling tepat adalah mengisi waktu.
9. Para bapak-bapak segera masuk ke dalam ruangan rapat.Agar kalimat tersebut efektif, perbaikannya adalah ....
a. Para bapak-bapak segera masuk ruangan.
b. Bapak-bapak segera masuk ke dalam ruangan rapat.
c. Bapak-bapak segera masuk ruang rapat.
d. Para Bapak segera masuk ke dalam ruang rapat.
Kalimat efektif adalah kalimat yang terhindar dari segala kesalahan. Salah satu kesalahan adalah pengungkapan ganda.
Jadi, kalimat di atas dapat diperbaiki menjadi : Bapak-bapak segera masuk ruang rapat.
10. Di bawah ini yang merupakan kalimat pengandaian yaitu ....
a. Masyarakat seharusnya tidak membuang sampah sembarangan.
b. Lingkungan yang bersih akan membuat hati nyaman.
c. Seandainya masyarakat menjaga kebersihan pasti lingkungan akan bersih dan nyaman.
d. Orang tua pasti bangga pada anaknya yang berprestasi.
Kalimat pengandaian ditandai dengan penggunaan kata seandainya.
11. Indonesia akan aman seandainya pemerintah dapat bertindak tegas.
Kalimat di atas merupakan kalimat ... karena ditandai dengan kata ....
a. perintah, dapat
b. kritik, akan
c. pengandaian, seandainya
d. pujian, seandainya
Kalimat di atas merupakan kalimat pengandaian karena ditandai dengan kata seandainya.
12. Bagian dari buku yang memuat daftar kata atau istilah disertai dengan nomor halaman yang menunjukkan letak istilah adalah ....
a. daftar isi
b. indeks
c. glosarium
d. daftar pustaka
Indeks adalah daftar kata atau istilah printing yang terdapat di buku (biasanya pada bagian akhir buku) yang tersusun menurut abjad yang memberikan informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah tersebut ditemukan.
Glosarium adalah kamus dalam bentuk ringkas.
Post a Comment