Penyusunan RPP Kurikulum 2013. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) merupakan model rencana kerja yang didalamnya menggambarkan prosedur, pengorganisasian, kegiatan pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang telah ditetapkan yang telah dijabarkan dalam silabus. Lingkup RPP paling banyak mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu) indikator atau beberapa indikator untuk satu kali pertemuan atau lebih.
Apabila anda akan menyusun RPP harus memperhatikan langkah-langkah penyusunan RPP. Dalam RPP Kurikulum 2013 dibagi menjadi tiga langkah besar, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Sebelum menyusun RPP, ada beberapa hal yang harus diketahui :
- RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi dasar.
- Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis.
- RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
- Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama Sekolah | : SDN ....... |
Kelas | : IV Iempat) |
Semester | : I (satu) |
Tema | : Indahnya Kebersamaan |
- Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya .
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
II. Kompetensi Dasar
III. Indikator2.1. PPKn | Menghargai kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar. |
2.2. Bahasa Indonesia | Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah. |
2.3. Matematika | Menaksir jumlah uang untuk berbelanja atau jumlah dan jenis benda yang diperlukan untuk suatu kegiatan amal sehingga sesuai kebutuhan (k2) |
2.4. SBP | Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugrah tuhan (KI 1) |
2.5. Penjas | Menghargai tubuh sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai |
PPKn | 3.1.1. Memberikan contoh keberagaman di lingkungannya dengan rasa percaya diri 3.1.2. Mengagumi keragaman suku, etnis, dan bahasa sebagai keunggulan di wilayah negara Indonesia |
Bahasa Indonesia | 3.2.1. Bersikap tertib (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa 3.2.2. Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri 3.2.3. Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas 3.2.4. Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai 3.2.5. Menyapa dengan kata atau kalimat sapaan yang sesuai 3.2.6. Menyapa dan mengucapkan selamat dengat kalimat yang sesuai 3.2.7. Menyapa dan menyampaikan ucapan terima kasih dengan kalimat yang sesuai 3.2.8.Menyapa dan menyampaikn permohonan maaf dengan kalimat yang sesuai |
Matematika | 3.3.1. Menyebutkan besarnya uang saku yang diterima stiap hari atau minggu 3.3.2. Menyebutkan sumber perolehan uang saku 3.3.3. Menghitung besarnya penggunaan uang saku untuk konsumsi, uang tabungan, dan sosial 3.3.4. Membandingkan nilai uang yang berbeda 3.3.5. Menyelesaikan operasi hitung yang melibatkan uang 3.3.6. Menentukan hasil operasi hitung melalui transaksi jual beli yang melibatkan uang |
SBP | 3.4.1. Menjelaskan keunikan karya seni dan karya kreatif berbagai daerah 3.4.2. Memuji karya seni dan karya kreatif teman 3.4.3. Merawat karya seni dan karya kreatif yang ada di sekolah 3.4.4. Menunjukkan kebanggaan terhadap karya sendiri |
Penjas | 3.5.1. Melakukan aktivitas fisik secara teratur 3.5.2. Menerapkan perilaku hidup sehat di sekolah 3.5.3. Memperagakan kombinasi gerak dasar jalan 3.5.4. Memperagakan kombinasi gerak dasar lari |
PPKn | 4.1.1. Dapat memberikan contoh keragaman agama, bahasa, budaya dan suku yang ada di lingkungannya |
Bahasa Indonesia | 4.2.1. Dapat bersikap tertib dalam mendengarkan do’a 4.2.2. Dapat melafalkan kata-kata teks do’a dengan jelas 4.2.3. Dapat menyapa dengan kata atau kalimat sapaan yang sesuai (mengucapkan selamat, ucapan terima kasih dan permohonan maaf) |
Matematika | 4.3.1. Dapat menyebutkan jumlah besarnya uang untuk berbelanja uang untuk berbelanja benda yang diperlukan 4.3.2. Dapat menyelesaikan operasi hitung yang melibatkan uang 4.4. Seni Budaya dan Prakarya 4.4.1. Dapat menjelaskan keunikan karya seni dan karya kreatif berbagai daerah 4.4.2. Dapat merawat karya seni dan karya kreatif yang ada di sekolah |
SBP | 4.4.1. Dapat menjelaskan keunikan karya seni dan karya kreatif berbagai daerah 4.4.2. Dapat merawat karya seni dan karya kreatif yang ada di sekolah |
Penjas | 4.5.1. Dapat melakukan aktifitas fisik secara teratur 4.5.2. Menerapkan perilaku hidup sehat di sekolah |
PPKn | 5.1.1. Menghargai kebhinekatunggalikaan dan keragaman agama, bahasa, budaya dan suku yang ada di lingkungannya |
Bahasa Indonesia | 5.2.1. Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik sesuai dengan agama yang dianut 5.2.2. Mengucapkan do’a dengan bahasa yang baik sesuai dengan agama yang anutnya. 5.2.3. menyapa dan menyampaikan ucapan selamat, ucapan terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya |
Matematika | 5.3.1. Menyelesaikan operasi hitung yang melibatkan uang |
SBP | 5.4.1. Cirri-ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan. |
Penjas | 5.5.1. Perilaku hidup sehat 5.5.2. Variasi dan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan dan lari. |
PPKn | Ceramah, Tanya jawab, Demontrasi , Penugasan |
Bahasa Indonesia | Ceramah , Tanya jawab, Diskusi, Penugasan |
Matematika | Demontrasi , Tanya jawab, Diskusi , Penugasan |
SBP | Ceramah , Tanya jawab, Penugasan |
Penjas | Ceramah , Demontrasi , Tanya jawab, Penugasan |
7.1. PPKn : 6 x 35 menit
7.2. Bahasa Indonesia : 10 x 35 menit
7.3. Matematika : 6 x 35 menit
7.4. Seni Budaya dan Prakarya : 6 x 35 menit
7.5. Penjas orkes : 4 x 35 menit
VIII. Langkah-Langkah Pembelajaran
IX. Alat dan sumber belajarPPKn | A. Kegiatan Awal
B. Kegiatan Inti B.1. Ekplorasi
B.2. Elaborasi
B.3. Konfirmasi
C. Kegiatan penutup
|
Bahasa Indonesia | A. Kegiatan Awal
B. Kegiatan Inti B.1. Ekplorasi
B.2. Elaborasi
B.3. Konfirmasi
C. Kegiatan penutup
|
Matematika | A. Kegiatan Awal
B. Kegiatan Inti B.1. Ekplorasi
B.2. Elaborasi
B.3. Konfirmasi
C. Kegiatan penutup
|
SBP | A. Kegiatan Awal
B. Kegiatan Inti B.1. Ekplorasi
B.2. Elaborasi
B.3. Konfirmasi
C. Kegiatan penutup
|
Penjas | A. Kegiatan Awal
B. Kegiatan Inti B.1. Ekplorasi
B.2. Elaborasi
B.3. Konfirmasi
C. Kegiatan penutup
|
Mapel | Alat | Sumber |
PPKn | Macam-macam gambar tempat ibadah Macam-macam gambar rumah adat Macam-macam gambar baju adat/pakaian adat Macam-macam gambar senjata adat | Buku sumber yang relevan |
Bahasa Indonesia | Buku-buku do’a yang relevan Macam-macam slogan kalimat sapa | Buku sumber yang relevan |
Matematika | Macam-macam uang | Buku sumber yang relevan |
SBP | Contoh hasil karya seni/karya kreatif berbagai daerah | Buku sumber yang relevan |
Penjas | Alat-alat kebersihan | Buku sumber yang relevan |
Mapel | Soal |
PPKn | 1. Sebutkan lima agama yang ada di Indonesia! 2. Apa nama tempat ibadah agama Islam? 3. Sebutkan tiga suku daerah yang ada di Indonesia! 4. Sebutkan dua macam kesenian yang ada di Jawa Barat! 5. Apa nama bahasa yang umumnya dipakai di daerahmu! |
Bahasa Indonesia | |
Matematika | |
SBP | 1. Apa yang dimaksud dengan karya kerajinan? 2. Di daerah mana kerajinan bambu banyak dibuat? 3. Apa jenis kerajinan yang ada di daerahmu? 4. Apa keunikan kerajinan yang ada di daerahmu? Jelaskan! 5. Terbuat dari apa kerajinan gerabah? |
Penjas | 1. Apa yang harus kita lakukan agar badan kita selalu sehat? 2. Berikan salah satu contoh perilaku hidup sehat di sekolah? 3. Sebutkan kombinasi gerak dasar lari! 4. Sebutkan kombinasi gerak dasar jalan! |
Mengetahui : Kepala Sekolah (.......................................) NIP. 999999999999999999 | Purwokerto,................................. Guru Kelas IV (..................................) NIP. XXXXXXXXXXXXX |
Post a Comment