Penyusunan RPP Kurikulum 2013. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) merupakan model rencana kerja yang didalamnya menggambarkan prosedur, pengorganisasian, kegiatan pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang telah ditetapkan yang telah dijabarkan dalam silabus. Lingkup RPP paling banyak mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu) indikator atau beberapa indikator untuk satu kali pertemuan atau lebih.
Apabila anda akan menyusun RPP harus memperhatikan langkah-langkah penyusunan RPP.
Dalam RPP Kurikulum 2013 dibagi menjadi tiga langkah besar, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Sebelum menyusun RPP, ada beberapa hal yang harus diketahui :
Dalam RPP Kurikulum 2013 dibagi menjadi tiga langkah besar, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Sebelum menyusun RPP, ada beberapa hal yang harus diketahui :
- RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi dasar.
- Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis.
- RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
- Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama Sekolah | : SDN ....... |
Kelas | : I (satu) |
Semester | : II (dua) |
Tema | : Lingkungan bersih dan sehat |
Pertemuan -ke | : 1 |
Alokasi Waktu | : 1 Minggu |
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
II. Kompetensi Dasar
Mapel | Kompetensi Dasar |
Agama | 1.1 Berdoa sebelum dan sesudah belajar, sebagai bentuk pemahaman terhadap Qur’an, Surat Alfatehah 2.1 Memiliki perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci |
PPKn | 1.2 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah 2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila 3.3. Mengenal tata tertib dan aturan yang berlku dalm kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah 4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah |
Bahasa Indonesia | 1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah 2.3 Menunjukkan perilaku pola hidup sehat (perawatan tubuh, pemenuhan gizi, lingkungan yang sehat, main dan istirahat yang cukup) dan menyayangi makhluk hidup 2.4 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab merawat tubuh agar sehat dan bugar melalui pemanfatan bahasa indonesia dan atau Bahasa Daerah Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah 2.3 Memahami isi cerita melalui mendengarkan cerita yang dibacakan orang lain dengan penuh perhatian dan mengajukan pertanyaan 4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian |
Matematika | 2.1. Menunjukkan perilaku teliti dan perduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar 2.4.. Menunjukkan perilaku disiplin tepat waktu dalam melakukan aktivitas di sekolah dengan memperhatikan tanda-tanda saat jam belajar dan jam istirahat 3.2.. Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar ruah, sekolah, atau tempat bermain. 4.2.. Membentuk berbagai bangun ruang dengan menggunakan papan berpaku atau media lainnya |
SBP | 1.1 Merasakan keindahan alam dan karya seni sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan 2.1 Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari 2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni 3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi dengan alat musik ritmis |
Penjas | 2.2 Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas. |
Mapel | Indikator |
Agama |
|
PPKn |
|
Bahasa Indonesia |
|
Matematika |
|
SBP |
|
Penjas |
|
- Berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
- Berperilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
- Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
- Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
- Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
- Menata dengan rapi benda-benda di lingkungan sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna atau lainnya)
- Mempraktikan gerak melangkah ke berbagai arah berirama
- Menjelaskan keindahan-keindahan alam tentang kebersihan lingkungan sebagai anugerah Tuhan
V. Materi Pembelajaran
Mapel | Kompetensi Dasar |
Agama |
|
PPKn |
|
Bahasa Indonesia |
|
Matematika |
|
SBP |
|
Penjas | Praktik gerak melangkah ke berbagai arah berirama |
VI. Pendekatan dan Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
VIII. Sumber dan Media Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan |
Pendahuluan |
|
Inti | 1. Menayangkan gambar tentang lingkungan bersih dan sehat dan lingkungan rumah yangtidak bersih /tidak sehat. (eksplorasi, mengamati, menyimak, mendengar) Gambar rumah sehat mencakup ciri-ciri:
Gambar rumah tidak sehat mencakup ciri-ciri:
Jawaban berkembang sesuai dengan lingkungan sehari-hari hasil eksplorasi serta kemampuan siswa 2. Bertanya jawab tentang ciri-ciri rumah dan halaman yang sehat dan tidak sehat, (eksplorasi, menyimak, menanya, menalar) al:
4. Diawali dengan memberi contoh cara membaca teks : jedanya, lafalnya, tanda bacanya, dan kata-kata yang dibaca (mengamati/ mendengar), semua siswa menirukan cara membaca dengan benar 5. Selanjutnya menugaskan siswa secara bergantian untuk membaca TEKS (penilaian proses : Memperhatikan cara siswa membaca (sekaligus menilai keberanian dan kebenaran dalam membaca) Jika ada siswa yang salah dalam melafalkan bacaan langsung dibenarkan sebelum dilanjutkan kepada siswa yang lain 6. Bertanya jawab tentang makna bacaan / Teks ( menalar ) 7. Melalui pengamatan gambar rumah sehat siswa diminta membandingkan rumah yang bersih dan sehat dengan rumahnya sendiri-sendiri, (rumah yang bersih tidak harus besar). (eksplorasi dan elaborasi, menyimak dan menalar) 8. Guru mengelompokan siswa berdasarkan teman satu bangku/2 orang (asumsi 1 kelas 32 siswa) dengan cara siswa mengambil nomor di meja guru. (nomor merupakan penanda dari kelompok) 9. Siswa berkelompok sesuai dengan nomor yang dimiliki. 10. Guru membagi gambar kepada masing-masing kelompok 11. Masing-masing siswa diminta untuk mengidentifikasi gambar dan mencatat hasil identifikasi (benda-benda yang ada di lingkungan sekitar, yang besar dan yang kecil, yang bersih). (eksplorasi, elaborasi, menyimak, menalar, mengkomunikasikan) 12. Siswa diminta untuk menceritakan hasil identifikasi kepada teman sebangku (mengkomunikasikan) 13. Setelah tercapai kesepakatan dengan teman sebangku, diminta untuk mendiskusikan dengan kelompok pasangan yang lain (TPS) Penilaian proses:Gambar-gambar untuk Example non Example
Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan kebersihan lingkungan, ruang, kelas, rumah, sekolah akan berdampak pada kesehatan. Kegiatan membersihkan lingkungan merupakan cerminan dari kerukunan dan saling membantu, dan bekerjasama. Siswa yang sedang berdiskusi (berpikir berpasangan) akan berdampak pada kerjasama yang baik, dan hasilnya merupakan cerminan dari sikap bertanggung jawab. 14. Semua kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari. 15. Guru memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi), Memberi kesempatan kelompok lain untuk mendengarkan dan memberikan pendapatnya 16. Mengajak semua siswa berdiri dan menyanyikan lagu “banyak nyamuk dirumahku” untuk mencairkan suasana dan kepenatan setelah belajar beberapa jam :
17. Guru mengajak bertanya jawab tentang makna lagu. Bahwa salah satu dampak dari rumah yang tidak sehat, adalah banyak nyamuk, rumah kotor, tidak sehat, mendatangkan penyakit. Dsb 18. Menugaskan siswa untuk bercerita (berdasarkan gambar) (mengkomunikasikan) Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian proses) 19. Guru dan siswa bersama-sama siswa membuat kesimpulan tentang rumah yang bersih dan sehat 20. Hasil kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang Dilanjutkan dengan menasehati siswa agar membiasakan hidup sehat |
Penutup |
Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb) Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan |
- Diri anak
- Lingkungan keluarga
- Lingkungan sekolah
- Buku TematikKelas I
- Buku Pengembangan Diri Anak
- Video/slide/gambar tentang teknik cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
- Gambar/contoh langsung karya cetak dengan berbagai bahan alam dan bentuk
- Gambar/contoh langsung hasil karya gunting, lipat dan tempel dengan berbagai bentuk pola dan alur sederhana
- Buku kirigami (seni mengunting)
- Buku Pengembangan Diri Anak
1. Prosedur Penilaian
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
Penilaian Hasil BelajarMenggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
Instrumen tes tertulis dalam bentuk soal.
Penilaian dilakukan dengan cara menghitung jumlah jawaban benar dari soal yang tersedia.
Instrumen unjuk kerja dalam bentuk Rubrik Penilaian.Contoh Rubrik Penilaian membaca :
No. | Kriteria | Baik Sekali (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Bimbingan (1) |
1. | Jeda | 3 kriteria terpenuhi | 2 kriteria terpenuhi | 1 kriteria terpenuhi | Tidak memenuhi kriteria |
2. | Lafal | 3 kriteria terpenuhi | 2 kriteria terpenuhi | 1 kriteria terpenuhi | Tidak memenuhi kriteria |
3. | Tanda baca | 3 kriteria terpenuhi | 2 kriteria terpenuhi | 1 kriteria terpenuhi | Tidak memenuhi kriteria |
Rumus perhitungannya sebagai berikut :
Jumlah skor yang diperoleh siswa x 100
Skor ideal
Keterangan :
Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria 1 dan kriteria 2.
Skor ideal adalah perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi.Pada contoh ini, skor ideal = 2 x 4 = 8.
Perhitungan nilai akhir siswa:
- Beni : 7/8 x 100 = 87,5
- Dayu : 8/8 x 100 = 100
No. | Kriteria | Terlihat (√) | Belum Terlihat(√) |
1. | Siswa mengikuti instruksi guru | ....... | ....... |
2. | Siswa terlibat aktif dalam kegiatan | ....... | ....... |
3. | Siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya setelah melakukan kegiatan. | ....... | ....... |
No. | Nama | Kriteria 1 | Kriteria 2 | Kriteria 3 | |||
T (√) | BT (√) | T (√) | BT (√) | T (√) | BT (√) | ||
1. | Budi | ....... | ....... | ....... | ...... | ....... | ....... |
2. | Ciko | ....... | ....... | ....... | ....... | ....... | ....... |
3. | Davit | ....... | ....... | ....... | ....... | ....... | ....... |
Mengetahui : Kepala Sekolah (.......................................) NIP. 999999999999999999 | Purwokerto,............................... Guru Kelas I (..................................) NIP. XXXXXXXXXXXXX |
Post a Comment