Jaringan Tema Kelas I. Salah satu langkah dalam penyusunan pembelajaran tematik adalah membuat rangcangan pembelajaran untuk memadukan mata pelajaran menjadi sebuah tema yang menarik dan terpadu, sehingga pada saat pembelajaran membawa peserta didik ke dalam suasana yang sesuai dengan imajinasinya. Pembelajaran yang sesuai dengan karakter pola pikir tak dirasakan adanya kotak-kotak mata pelajaran. Tema disesuaikan dengan karakter lingkungan dan wilayah peserta didik sebagai daya tarik tersendiri.

Membuat jaringan tema merupakan bagian integral dari model pembelajaran terpadu yang banyak digunakan dewasa ini. Lebih spesifik lagi, pembuatan jaringan tema merupakan implementasi dari penerapan pembelajaran terpadu model Webbed. Pembelajaran terpadu model Webbed adalah pembelajaran yang menggunakan pendekatan tematik. Pendekatan ini pengembangannya dimulai dengan menetukan tema tertentu. Tema dapat ditentukan dengan negosisasi guru dan siswa, tetapi dapat pula diskusi sesama guru. Setelah tema tersebut disepakati, dikembangkan sub-sub temanya dengan memperhatikan kaitannya dengan bidang studi (Trianto 2007). Pengembangan tema menjadi sub-sub tema serta pola keterkaitannya inilah yang kemudian membentuk jaringan tema.

Pembuatan jaringan tema melalui beberapa tahapan. Langkah-langkah yang harus dilalui diantaranya :
Tentukan terlebih dahulu tema. Cara menetukan tema bisa dilakukan dengan dua cara
  1. Cara pertama, mempelajari standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat dalam masing-masing mata pelajaran, dilanjutkan dengan menetukan tema.
  2. Cara kedua, menentukan terlebih dahulu tema-tema pengikat keterpaduan. Untuk menentukan tema tersebut, guru dapat bekerjasama dengan siswa-siswi sehingga sesuai dengan minat serta kebutuhan mereka.
Menginvetarisasi materi-materi yang masuk/sesuai dengan tema yag telah ditentukan.
Sebuah jaringan tema dapat dikatakan baik jika memenuhi beberapa kriteria. Kriteria-kriteria tersebut diantaranya adalah :
  1. Simpel. Jaringan tema dibuat untuk mempermudah penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran secara keseluruhan.
  2. Sinkron. Pada dasarnya, jaringan tema terdiri atas dua komponen utama yaitu tema pengikat dan materi-materi yang terkait dan bisa masuk dalam cakupannya.
  3. Logis. Hal ini mengandung pengertian bahwa materi yang dijaring memang betul-betul bagian dari tema, sehingga tidak dibutuhkan tema lain untuk menjaring materi-materi tersebut.
  4. Mudah dipahami. Dengan demikian, siapapun dapat menyusun dan mengembangkan pembelajaran tematik dengan berpegangan pada jaringan tema tersebut.
  5. Terpadu. Tema dan materi-materi diikat oleh kesamaan subtansi yang ingin disampaikan kepada siswa-siswi.

Berikut ini contoh jaringan tema untuk kelas I sekolah dasar.
Tema 1 : Diri Sendiri
Mapel
Kompetensi Dasar

PPKn
KD 1 dan 2
1.1. Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.1. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
KD 3 dan 4
3.2. Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah maupun di sekolah
3.3. Mengenal keberagaman karateristik individu di rumah dan di sekolah
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
Bahasa Indonesia
    KD 1 dan 2
    2.1. Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
    2.2. Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
    KD 3 dan 4
    3.4. Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
    4.4. Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
    Matematika
      KD 1 dan 2
      2.2. Menunjukkan perilaku teliti dan peduli dengan menata bendabenda
      di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
      KD 3 dan 4
      3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
      3.2. Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
      3.11. Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya
      4.5. Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangunbangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada
      SBP
        KD 1 dan 2
        2.1. Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
        KD 3 dan 4
        3.1. Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi
        4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
        4.3. Menggambar dengan memanfaatkan beragam media kering
        4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
        Penjas
          KD 1 dan 2
          2.1. Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
          KD 3 dan 4
          3.3. Memahami pengertian pola gerak dasar seperti gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif
          4.1. Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan
          usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan/atau tradisional
          4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan/atau permainan tradisional
          Tema 2 : Kegemaranku
          Mapel
          Kompetensi Dasar
          PPKn
            KD 1 dan 2
            2.1 Menunjukkan perilaku jujur,  disiplin, tanggung jawab, santun,  peduli, dan percaya diri  dalam berinteraksi dengan keluarga,  teman, dan guru sebagai  perwujudan nilai dan moral Pancasila
            2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
            KD 3 dan 4
            3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang  berlaku dalam kehidupan sehari-hari di  rumah dan sekolah
            3.4 Mengenal arti bersatu dalam  keberagaman di rumah dan sekolah
            4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan  sekolah
            Bahasa Indonesia
              KD 1 dan 2
              2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
              2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur  dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa  daerah
              KD 3 dan 4
              3.1 Mengenal teks deskripsi tentang  anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta paristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia  lisan dan tulisan yang dapat diisi  dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
              3.2   Mengenal teks petunjuk/arahan tentang  perawatan tubuh serta pemeliharaan  kesehatan dan kebugaran tubuh  dengan bantuan guru atau teman  dalam bahasa Indonesia lisan dan  tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
              3.3   Mengenal teks terima kasih tentang  sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tertulis yang dapat  diisi degan kosakata bahasa daerah  untuk membantu pemahaman
              4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda,  serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
              4.2 Mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan  tulis yang dapat diisi dengan kosakata  bahasa daerah untuk membantu  penyajian
              4.3   Menyampaikan teks terima kasih  mengenai  sikap kasih sayang secara
              mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tertulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
              4.4 Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis  yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
              Matematika
                KD 1 dan 2
                2.1 Menunjukkan perilaku patuh pada aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan  sesuai prosedur/aturan dengan memperhatikan nilai tempat  puluhan dan satuan
                2.2 Menunjukkan perilaku teliti dan perduli dengan menata bendabenda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
                KD 3 dan 4
                3.1 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
                3.5.Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang dan lebih pendek)
                3.6. Mengenal dan memprediksi  pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkret
                4.1  Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
                SBP
                  KD 1 dan 2
                  2.1 Menunjukkan rasa percaya diriuntuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
                  KD 3 dan 4
                  4.1 Menggambar ekspresi dengan garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
                  4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
                  Penjas
                    KD 1 dan 2
                    1.1 Menghargai tubuh denganseluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai
                    2.1 Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
                    2.2 Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama  pembelajaran penjas
                    KD 3 dan 4
                    4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
                    4.2 Mempraktikkan pola gerak dasar nonlokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentukpermainan sederhana dan atau permainan tradisional
                    4.3 Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk keseimbangan dan kelincahan tubuh melalui permainan sederhana
                    Tema 3 : Kegiatanku
                    Mapel
                    Kompetensi Dasar
                    PPKn
                      KD 1 dan 2
                      1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
                      2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
                      2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
                      2.3 Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
                      KD 3 dan 4
                      3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
                      4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
                      Bahasa Indonesia
                        KD 1 dan 2
                        1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
                        1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar
                        2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah
                        KD 3 dan 4
                        3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
                        4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
                        4.4 Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
                        Matematika
                          KD 1 dan 2
                          2.1 Menunjukkan perilaku patuh pada aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai prosedur/aturan dengan memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan
                          KD 3 dan 4
                          3.1 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan bendabenda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
                          3.3 Membandingkan dengan memperkirakan lama suatu aktivitas berlangsung menggunakan istilah sehari-hari (lebih lama, lebih singkat)
                          4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
                          4.3 Menyatakan suatu bilangan asli sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
                          4.7 Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menampilkan data menggunakan grafik konkret dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal
                          SBP
                            KD 1 dan 2
                            1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
                            2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
                            2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
                            KD 3 dan 4
                            4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
                            4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
                            Penjas
                              KD 1 dan 2
                              1.2 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
                              2.1 Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
                              KD 3 dan 4
                              4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan/atau tradisional
                              Tema 4 : Keluargaku
                              Mapel
                              Kompetensi Dasar
                              PPKn
                                KD 1 dan 2
                                1.2. Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
                                2.2. Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
                                2.3. Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
                                KD 3 san 4
                                3.2. Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan seharihari di rumah dan sekolah
                                4.3. Mengamati dan menceritakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
                                Bahasa Indonesia
                                  KD 1 dan 2
                                  1.1. Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
                                  2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
                                  KD 3 dan 4
                                  3.3. Mengenal teks terima kasih tentang kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
                                  3.4. Mengenal teks cerita diri atau personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan
                                  dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
                                  pemahaman
                                  3.5. Mengenal teks diagram atau tabel tentang anggota keluarga dan kerabat dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
                                  4.4. Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
                                  Matematika
                                    KD 1 dan 2
                                    2.1 Menunjukkan perilaku patuh pada aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai prosedur atau aturan dengan memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan
                                    KD 3 dan 4
                                    3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan bendabenda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
                                    3.11. Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya
                                    4.1. Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau di tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
                                    4.8. Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban.
                                    SBP
                                      KD 1 dan 2
                                      1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan
                                      2.1. Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
                                      KD 3 dan 4
                                      4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
                                      4.5. Menyanyikan lagu anakanak dan memperagakan tepuk birama dengan gerak
                                      4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
                                      4.13. Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel
                                      Penjas
                                        KD 1 dan 2
                                        1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya
                                        sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai
                                        2.1 Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
                                        2.2. Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas
                                        Kd 3 dan 4
                                        4.1. Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep tubuh, ruang, hubungan,
                                        dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
                                        4.6. Mempraktikkan pola gerak dasar senam sederhana menggunakan pola lokomotor dan nonlokomotor yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa atau dengan musik

                                        Post a Comment

                                         
                                        Top