Pengenalan Komputer. Istilah komputer (computer) berasal dari bahasa Latin, computare, yang berarti menghitung. Prinsip dasar komputer elektronik modern dan ide penggunaan working storage telah diperkenalkan oleh John von Neumann. John von Neumann adalah seorang ahli matematika yang sangat genius.Komputer adalah suatu peralatan elektronik yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
  1. Dapat menerima data atau instruksi (input).
  2. Memiliki unit memori kerja (working storage), untuk menampung instruksi-instruksi yang akan diproses.
  3. Dapat memproses data secara aritmatika dan logika (process).
  4. Dapat menghasilkan sesuatu dari data yang sudah diproses (output).
  5. Dapat menyimpan hasil proses (permanent storage) dan hasil penyimpanan dapat digunakan kembali.
Sebuah komputer modern sekurang-kurangnya memiliki dua buah piranti (peralatan) input, yaitu keyboard dan mouse. Komputer yang lebih canggih dilengkapi dengan joystick, scanner, kamera digital, digitizer, dan piranti lain. Piranti tambahan ini disebut peripheral.
Gambar
Nama
Fungsi
Keyboard
Digunakan untuk memasukkan data berupa angka, huruf, dan simbol.
Mouse
Digunakan untuk mengendalikan kursor pada sistem operasi grafik
Joystick
Berfungsi sebagai pengatur gerakan. Joystick banyak digunakan pada permainan komputer.
Scanner
Digunakan untuk menerima input berupa scan gambar dan teks.
Piranti output sekurang-kurangnya terdiri atas sebuah layar monitor atau screen. Kamu dapat melihat hasil pemprosesan informasi di layar monitor. Beberapa contoh piranti output dapat kamu lihat pada tabel berikut.
Gambar
Nama
Fungsi
Monitor
Bentuk dan fungsinya mirip televisi. Monitor dapat menampilkan output berupa data teks, gambar (grafik), dan video
Printer
Digunakan untuk mencetak informasi teks dan grafik. Hasil cetakan (print-out) dapat dituangkan pada selembar kertas atau media lain, seperti plastik, kulit, dan kain
Speaker
Digunakan untuk menghasilkan output berupa suara, musik, atau audio.
Komputer juga memiliki piranti penyimpan data. Ada dua jenis piranti penyimpan data, yaitu removable storage dan nonremovable storage. Piranti nonremovable storage, biasanya berada di dalam komputer. Piranti ini bersifat tetap atau tidak dapat dibawa-bawa. Contoh removable storage adalah hard disk internal, RAM, dan ROM komputer.

Removable storage dapat dibawa kemana-mana. Piranti ini biasanya memerlukan suatu alat tertentu yang disebut drive. Contoh removable storage adalah floppy disk drive untuk floppy disk dan DVD atau CD drive untuk DVD/CD ROM. Besaran yang digunakan untuk menyatakan ukuran kapasitas data pada media penyimpan disebut byte (B). Satuan lain untuk menyimpan kapasitas data, yaitu KB (Kilobyte), MB (Megabyte), GB (Gigabyte) dan seterusnya. Jangan tertukar dengan istilah bit. Bit atau binary digit berbeda dengan byte. 1 byte setara dengan 8 bit. 10 byte setara dengan 80 bit. Bit biasanya digunakan untuk menyatakan kecepatan transfer data.

Ada berbagai jenis media penyimpanan, seperti CD DVD ROM, hard disk, floppy disk, tape, flash disk, dan ROM. Kapasitas penyimpanan data setiap media berbeda-beda. Mulai dari beberapa ratus kilo byte sampai mencapai ratusan gigabyte ataupun terabyte.

Berdasarkan sifat baca atau tulis suatu media penyimpanan dikenal istilah read only, read write, dan write once read many. Ada media penyimpanan yang dapat dibaca dan ditulis berkali-kali (read-write atau rewritable), ada yang hanya bisa ditulis sekali saja (write once read many). Bahkan ada media penyimpanan yang hanya bisa dibaca saja (read only).

Macam-Macam Media Penyimpanan
Gambar
Nama
Penjelasan
Floppy disk atau disket
Merupakan media penyimpanan data yang kapasitasnya relatif kecil (sekitar 360 KB – 2,88 MB). Floppy disk bersifat removable dan readwrite atau rewriteable. Saat ini floppy disk mulai jarang digunakan.
Hard disk atau hard drive
Merupakan media penyimpanan data yang kapasitasnya relatif besar (di atas 1 GB). Hard disk umumnya bersifat nonremoveable dan rewriteable. Ada jenis hard disk yang dapat dibawa ke mana-mana, yaitu hard disk eksternal.
CD ROM, CD RW
Merupakan media penyimpanan data yang kapasitasnya sekitar 650 MB. CD ROM bersifat removable dan hanya dapat ditulis sekali. Adapun CD RW dapat dihapus dan ditulis ulang beberapa kali.
DVD ROM, DVD RW
DVD ROM mirip dengan CD ROM. Namun, kapasitasnya sekitar 4,7 GB, 7,95 GB, 8,75 GB, dan 15,9 GB. DVD ROM bersifat removable dan hanya dapat ditulis sekali. Adapun data pada DVD RW dapat dihapus dan ditulis ulang beberapa kali.
Flash disk
Media penyimpanan yang bersifat removable dan rewritable. Kapasitas flash disk jauh lebih besar dibandingkan floppy disk, yaitu mulai 500 MB hingga di atas 2 GB. Ukuran flash disk kecil sehingga mudah dibawa ke mana-mana
SD Card
SD Card mirip dengan flash disk. Bentuknya pipih dan banyak digunakan pada kamera digital.

Post a Comment

 
Top